\"\\"\\"\"Keberadaan pasar modern yang kian menjamur di wilayah Kota Kediri membuat khawatir pedagang pasar tradisional, menanggapi kondisi tersebut, dalam rapat dengar pendapat antara Komisi B DPRD Kota Kediri dengan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jayabaya. Komisi B DPRD Kota Kediri merekomendasikan agar Pasar Setono Betek dikonsep menjadi pasar tradisional semi modern.

Langkah itu ditempuh agar pergerakan pasar tradisional dibawah naungan PD Pasar bisa bersaing dengan pasar modern. Mengingat menjamurnya pasar modern di Kota Kediri, disamping itu saat ini tengah dibangun 2 pasar modern yakni Matahari Mall dan Sudirman Square.

?Dengan adanya pasar tradisional semi modern, diharapkan bisa bersaing dengan menjamurnya pasar modern itu,? ujar Isa. Menurut Isa, contoh paling nampak adalah kesuksesan pasar modern di Kelapa Dua Tangerang, pasar tradisional semi modern itu juga dibawah naungan PD Pasar.

?Beberapa waktu lalu kami telah melakukan kunjungan kerja, dan tampaknya sangat cocok jika Pasar Setono Betek nanti dikelola layaknya pasar modern di Kelapa Dua Tangerang,? ungkapnya.

Terkait dengan pengelolaannya, Isa menjelaskan bahwa nantinya akan diserahkan kepada pihak ketiga, pasalnya jika hanya dikelola oleh Pemkot melalui PD Pasar, tentunya berdampak terhadap APBD, ?Untuk pengelolaannya, rencannya akan diserahkan pihak ketiga, seperti yang dilakukan di Pasar modern Kelapa Dua Tangerang,? urainya.

Lebih lanjut, Isa menambahkan, besar harapan konsep pasar Setono Betek menjadi tradisional semi modern akan menghilangkan kesan kumuh dan tidak terawat, sehingga  pada akhirnya pembeli juga akan memilih pasar tradisional semi modern sebagai tempat belanja yang nyaman dan bersih.

?Makanya dengan diganti konsep menjadi semi modern ini, nantinya pasar Setono Betek mampu bersaing dalam segala hal dengan pasar modern yang ada,? harapnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pembangunan Pemkot Kediri Budi Siswantoro mengatakan, bahwa perihal pasar tradisional semi modern masih memerlukan pembahasan lebih lanjut, ?Wacananya memang demikian, tapi untuk mewujudkan itu semua, harus perlu pembahasan lebih lanjut antara Pemkot, PD Pasar dan DPRD,? kata Budi. (r-dya) (dikutip dari: Rakyat editor.com)

Jl. Sultan Agung,Kec. Kota Kediri,Kota Kediri, Jawa Timur 64129